Manfaat Buah Mangga


Mangga terutama ditanam untuk buahnya. Buah yang matang umum dimakan dalam keadaan segar, sebagai buah meja atau campuran es, dalam bentuk irisan atau diblender. Buah yang muda kerapkali dirujak, atau dijajakan di tepi jalan setelah dikupas, dibelah-belah dan dilengkapi bumbu garam dengan cabai. Buah mangga juga diolah sebagai manisan, irisan buah kering, dikalengkan dan lain-lain. Di pelbagai daerah di indonesia, mangga (tua atau muda) yang masam kerap dijadikan campuran sambal atau masakan ikan dan daging.

Biji mangga dapat dijadikan pakan ternak atau unggas; di India bahkan dijadikan bahan pangan di masa paceklik. Daun mudanya dilalap atau dijadikan sayuran. Kayu mangga cukup kuat, keras dan mudah dikerjakan; namun kurang awet untuk penggunaan di luar. Kayu ini juga dapat dijadikan arang yang baik. Daun mangga mengandung senyawa organik tarakserol-3beta dan ekstrak etil asetat yang bersinergis dengan insulin mengaktivasi GLUT4, dan menstimulasi sintesis glikogen, sehingga dapat menurunkan gejala hiperglisemia.Dengan mengkonsumsi buah mangga secara teratur baik itu secara langsung atau diolah terlebih dahulu, Anda akan mendapatkan sejumlah benefit antara lain:

Menjauhkan kanker. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah dimana para peneliti mendapatkan fakta menarik seputar kandungan anti-oksidan dalam sebuah mangga. Anti-oksidan ini sangat berperan dan efektif melindungi tubuh manusia dari berbagai resiko kanker seperti pada payudara, usus besar, kakner darah, prostat dan masih banyak lagi lainnya. Senyawa yang ada di dalam buah mangga yang sangat ampuh mereduksi ancaman kanker adalah asam galat, astragalin, filsetin, quercetin dan juga methylgallat.
Mencerahkan kulit. Manfaat buah mangga yang satu ini tentu menggiurkan para wanita. Dengan mengkonsumsi buah mangga, pori-pori Anda akan bersih dan jerawat akan jauh. Sebagai efeknya, kulit Anda akan jauh lebih cerah dan sehat. Manfaat ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi mangga atau dengan menggunakannya sebagai bahan kecantikan seperti masker misalnya.
Mereduksi angka koleterol. Manfaat ini bersumber pada kandungan vitamin c di dalam mangga yang memang tinggi. Vitamin c ini mampu mendetoks darah dari unsur-unsur yang tak penting seperti kolesterol jahat.
Membuat mata lebih cerah. Dengan mengkonsumsi mangga secangkir setiap harinya akan membantu mata Anda seba ia sangat kaya akan vitamin A. Mangga juga membantu agar mata terus lembab dan terhindar dari kekeringan.
Manfaat mangga lainnya adalah memenuhi kebutuhan alkali manusia. Senyawa yang ada di dalam mangga seperti asam tartrat, asam sitrat dan juga asam malat bisa menahan cadangan alkali di dalam tubuh manusia.
Meningkatkan gairah dan energi sex. Manfaat yang satu ini tentunya sangat didambakan mereka yang telah berpasangan. Kabarnya kadar vitamin E di dalam mangga bisa membantu meningkatkan gairah sex! Jadi jangan ragu mengkonsumsi buah mangga setoap hari.
Mangga mampu memperbaiki sistem pencernan. manfaat yang satu ini terkait erat dengan kandungan fiber atau serat alami dalam mangga.
Melenyapkan panas dalam. Mangga bisa berfungsi sebagai pendingin tubuh. Panas dalam biasanya muncul saat ginjal terbebani dengan cuaca yang panas. Dengan mengkonsumsi mangga, Anda bisa menetralkan racun dan suhu di dalam ginjal Anda.
Manfaat buah mangga lainnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Hal ini terkait erat dengan kandungan vitamin A juga C yang banyak dijumpai dalam buah mangga. Selain itu, buah dengan warna daging cantik ini mengandung sedikitnya 25 karotenoid yang sangat baik dalam menjaga kondisi fit tubuh.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
9 September 2014 pukul 15.25 delete

Terima kasih atas infonya.
Salam Kenal

Reply
avatar
9 September 2014 pukul 16.08 delete

terima kasih pak atas komentarnya

Reply
avatar
26 September 2014 pukul 16.30 delete

Infonya Bagus gan jangan lupa kunbal ya

Reply
avatar